Rabu, 03 September 2008

Promosi Blog


BLog sudah selesai, rancangan template sudah dipilih, artikel sudah dibuat, lalu apalagi? Saatnya bagi Anda untuk mempromosikan blog tersebut tentunya! Berikut ini beberapa tips untuk membuat blog Anda terkenal secara efektif kekhalayak ramai di rimba internet yang luas.

Satu faktor penting yang perlu Anda perhatikan pada suatu blog adalah pembaca. Pembaca blog yang dimaksud disini adalah para pengunjung blog yang datang berkunjung dan membaca isi blog Anda. Kecuali kalau memang Anda membuat blog untuk tujuan pribadi, maka pembaca merupakan faktor yang cukup penting dalam kesuksesan suatu blog.

Kehadiran pembaca pada website blog Anda diwakili dalam bentuk traffic. Semakin banyak pengunjung yang datang mengunjungi website blog Anda, semakin tinggi trafficnya. Ada persepsi keliru dari para pembuat blog atau biasa disebut blogger yang menganggap pengunjung akan datang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Pada kenyataannya. setiap hari ribuan blog baru bermunculan dengan berbagai macam topik dan keunikan. Tanpa adanya usaha dari blogger itu sendiri maka blog tersebut kemungkinan akan kalah bersaing dengan blog lainnya.

Promosi blog merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan agar blog menjadi ramai. Untuk menarik pengunjung agar mengunjungi blog Anda, tentu ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang digunakan untuk mempromosikan blog yang telah dibuat di internet.

Polesan dari Dalam
Sebelum Anda mempromosikan blog Anda ke internet. Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu isi dari blog tersebut. Faktor-faktor penting yang mempengaruhi "nilai jual" sebuah blog dari dalam terbagi menjadi tiga penilaian:
a. Isi Artikel
Promosi besar-besaran ke forum, kumunitas, dan teman-teman Anda akan sia-sia bila blog Anda tidak memiliki artikel yang berkualitas. Isi artikel blog Anda merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi sebuah blog. Pengunjung mungkin akan kecewa bila mendapatkan suatu blog yang dirujuk oleh banyak orang ternyata tidak memiliki isi yang berkualitas. Dalam membuat artikel blog yang berkualitas, ada beberapa hal yang dapat dijadikan rujukan.

Hal pertama yang dilihat seorang pengunjung adalah judul artikel. Untuk itu dalam membuat artikel blog, buatlah judul yang menarik agar pengunjung merasa tertarik untuk membaca blog Anda.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah tema dari blog Anda. blog tematis merupakan salah satu jenis blog yang banyak dicari oleh pengunjung. Blog tematis atau biasa juga disebut dengan niche blog adalah suatu blog yang membahas satu tema saja, misalnya blog tentang sistem operasi Windows, blog tentang Mac, dan lain sebagainya. Tipe Blog tematis seperti ini cukup populer karena tema artikel yang dibawakan tidak berubah.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan mengenai isi suatu artikel adalah frekuensi dari pembuatan suatu artikel blog. Blog yang di-update secara teratur menandakan bahwa penulisnya memiliki semangat untuk menulis secara rutin.

b. Rancangan Tampilan
Desain dan navigasi dari suatu blog termasuk hal yang penting untuk menarik pengunjung ke blog Anda. Pemilihan warna yang tepat, pengaturan tata letak yang rapi, dan navigasi yang jelas akan memudahkan pengunjung dalam menikmati blog Anda. Pengaturan rancangan, tata letak, dan warna pada blog memerlukan penguasaan terhadap bahasa HTML dan CSS. Untuk itu, minimal Anda perlu mengerti terlebih dahulu perintah-perintah HTML dan CSS sebelum Anda mengubah halaman blog Anda.

Promosi ke jaringan
Internet merupakan media informasi yang sangat luas. Website-website baru bermunculan setiap detiknya, begitu untuk website blog. Sekarang ini, sudah ratusan ribu blog bertebaran di jagat maya ini. LaLu, bagaimana kiat-kiat agar blog Anda bisa dikenal oleh para para pengguna internet lainnya? berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan.
a. informasikan Blog Anda
Para pengguna internet perlu diinformasikan bila Anda telah membuat suatu post baru. Pada sebuah blog, proses ini disebut 'Ping'. Secara sederhana, setiap kali Anda membuat suatu post baru maka Anda dapat secara otomatis mengumumkannya di internet. Cara ini dapat dapat dilakukan dengan melakukan Ping kepada website-website tertenntu yang tugasnya melakukan suatu penelusuran terhadapa sebuah blog.

Jika Anda menggunakan wordpress, Anda akan diberikan pilihan untuk melakukan Ping secara otomatis. Untuk menentukan ke mana wordpress akan melakukan ping, maka Anda dapat menentukannya pada menu Options->Writing dibagian halaman Admin dari Wordpress. Secara default, Wordpress akan melakukan ping kelayanan Ping-O-Matic (http://rpc.pingomatic.com).

Anda dapat menambahkan layanan ping tambahan dengan cara memasukkan URL dari layanan tersebut pada field yang telah disediakan wordpress.


0 komentar:

 

My Blog Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009