Selasa, 09 September 2008

IBM Kembangkan Produk Ramah Lingkungan


Perusahaan solusi di bidang Teknologi Informasi (TI), IBM, kini mengembangkan produk dan jasa yang ramah lingkungan. Mulai dari mendaurulang hingga jasa konsultasi ruang server hemat energi.

Menurut Husen Samy, Country Manager ibm.com, IBM Indonesia, sebanyak 60 sampai 70 persen dari produk komputer IBM, menggunakan plastik daur ulang (reuse) dari produk IBM sebelumnya.

"Untuk jasa, IBM menyediakan jasa konsultan Building Green Datacenter," ujar Samy, pada jumpa pers IBM Retail Solutions Day, Kamis (14/8) di Jakarta.

Pusat data ramah lingkungan tersebut, menurut Samy, meliputi jasa pemasangan instalasi TI yang disesuaikan dengan kondisi pendingin ruangan (AC), sehingga suhunya tidak terlalu dingin, atau sebaliknya, tidak terlalu panas. Juga tidak bising, karena selama ini, tingkat kebisingan yang diakibatkan beroperasinya peralatan server, dapat menimbulkan polusi suara.

"Kami juga bisa mengatur alur udara, sehingga server mana yang lebih membutuhkan hembusan angin dingin, akan berdekatan dengan blower AC, sedangkan yang kurang membutuhkan pendinginan, diletakkan lebih jauh dari blower AC," paparnya.

Dijelaskan, pada 30 Mei 2007, IBM mengumumkan "IBM Green Retail Initiative", yang bertujuan mendidik klien ritelnya agar bertanggung jawab terhadap lingkungan. IBM mengeluarkan dana tak kurang dari 1 miliar dolar AS per tahun selama 10 tahun, untuk teknologi dan "layanan hijau untuk pusat data".

Samy menyebut contoh langkah penghematan energi, antara lain, merancang IBM SurePOS 700 yang mampu mengurangi konsumsi daya hingga 36 persen (dalam hitungan watt), dan mengembangkan teknologi dan produk ritel dengan mempertimbangkan kemampuan untuk diupgrade, sehingga memperpanjang masa pakai produk.

Sumber:http://www.gatra.com/artikel.php?id=117670



0 komentar:

 

My Blog Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2009